Minggu, 27 November 2011

ACIT: Visual Basic .Net

Selang waktu beberapa hari, telah ter-posting artikel tentang CIT Program Informatics. Yang mana, ada di blog ini.. disertai dengan unduhan materi lesson 1, 2, dan 3 Semester III buat kelas 2Betul? Untuk kelas 1, sabar ya!. Unduhan materinya, banyak. lesson 1 sampai lesson 9!. Jadi, mungkin saat postingan berikutnya.

Lalu, apa yang akan di-posting, sekarang?
Sekarang, masih untuk yang kelas 2...
Sesuai dengan judul posting di atas. ACIT: Visual Basic .Net, yang maksudnya menunjukkan Garis-garis Panduan Projek dan Skema Penilaian, Tetapi, mendhingan yang di-posting di sini.. panduannya saja, ya!. Dari berkas aslinya saja sudah ada 9 halaman. Dicoba panduan tersebut, akan diterjemahkan ke Bahasa Indonesia.. yang mana kita tahu, berkas aslinya menggunakan Bahasa Inggris. Tak masalah.





Pendahuluan:

Sebuah proyek adalah sesuatu yang dinikmati. Jika tidak, cobalah kemudian konsultasi dengan Guru TI Anda. Motivasi diri merupakan bagian penting untuk bisa menyelesaikan proyek ini. Proyek ini dikerjakan secara individu atau boleh juga, berkelompok. (Tetapi, seperti yang kita tahu, kenyataannya dibuat berkelompok yaitu sebanyak dua atau tiga anggota tiap kelompoknya)

Modul ini adalah 70 persen menyelesaikan proyek dan 30 persen berdasarkan ujian tertulis. (ini, seperti Bu Reza pernah bilang, ulangan tertulis saat UTS itu.. 30% diambil dan 70%-nya dari pembuatan proyek aplikasi VB. Jadi, yang kecil nilainya saat ulangan < 80 bisa terangkat dengan ngebuat proyek.)

1. PRESENTASI DAN PERAGAAN

   1.1 Persiapan Presentasi: Presentasi disiapkan agar:
  • Tersedianya sebuah patokan waktu pada tahun ajaran, di mana siswa harus menunjukkan kemajuan dan garis besar hasil kerjanya di masa depan yang akan dilakukan olehnya nanti,
  • Ssiswa berkesempatan untuk berlatih berpresentasi.

Presentasi harus mencakup:

1. Garis besar proyek.
2. Perkembangan proyek.
3. Rencana di tugas akhir.

Umpan balik terhadap presentasi akan diberikan kepada semua siswa oleh Guru TI mereka.

     1.2 Demonstrasi Akhir:

Demonstrasi proyek akhir, yang dilakukan oleh siswa, akan memungkinkan Guru IT dan anggota lainnya untuk menilai kualitas dan kelengkapan dari produk hasil karyanya dengan kemampuan siswa berpresentasi.

     1.3 Pada hari presentasi:

Siswa secara resmi akan hadir beserta dengan proyeknya di hadapan tim penilai, setidaknya dua anggota.

Penilai presentasi biasanya akan terdiri dari Guru TI, satu atau lebih anggota lain dari staf akademik dan jika mungkin koordinator kurikulum/kepala.

Penguji eksternal juga diundang untuk menghadiri sesi ini, Sesi, yang biasanya akan terdiri dari:

  • Presentasi 15 menit.
  • 10 menit berikunya, siswa akan diharapkan untuk menjawab pertanyaan pada setiap aspek dari proyek mereka oleh tim panelis/penilai.



2. LAPORAN PROYEK

Laporan tersebut harus mencakup >> gambaran keseluruhan proyek!
Rincian materi yang berfungsi sebagai tambahan dibuat menjadi >> lampiran!

Meskipun tidak ada format yang mutlak, pedoman berikut semoga terbukti berguna.

     2.1 Isi

Isi dari sebuah laporan proyek akan bervariasi dan akan tergantung pada jenis dan lingkup proyek. Diharapkan, unsur berikut terdapat dalam proyek, antara lain:


  • - Pengenalan
  • - Deskripsi singkat tentang istilah acuan
  • - Analisis jangka acuan
  • - Analisis persyaratan
  • - Diskusi tentang fasilitas yang ada (jika ada)
  • - Termasuk desain sistem alternatif yang dipertimbangkan
  • - Gambaran pelaksanaan
  • - Pengembangan / jaminan kualitas dan penerimaan
  • - Menguji strategi
  • - Perkembangan masa depan
  • - Ringkasan dan kritis penilaian
  • - Bibliografi


     2.2 Format

Poin-poin berikut hanya memberikan persyaratan khusus untuk format laporan akhir.

Abstrak: Abstrak harus disediakan dengan laporan tersebut. Ini harus:

  • - Diketik
  • - Tidak melampaui satu halaman A4

Abstrak harus mencakup:

  • - Nama siswa
  • - Proyek judul
  • - Guru TI Nama


Laporan Utama:

Ini harus diketik dengan menggunakan spasi ganda. Semua diagram harus digambar dengan menggunakan tinta hitam. Output sampel dapat dimasukkan.


Lampiran

Setiap material tambahan harus dimasukkan sebagai lampiran untuk laporan utama. Ini harus mencakup rincian:

  • - Spesifikasi teknis,
  • - Listing program,
  • - Data uji dan hasil,
  • - Bahan referensi,
  • - Panduan pengguna,
  • - Panduan teknis dll

Lampiran harus diketik pada kertas A4. Penyusunan daftar dari komputernya sendiri dapat ditambahkan, tapi harus ditempatkan pada halaman yang sesuai untuk memungkinkan kemudahan membacanya.




Jumlah Salinan


Satu salinan dari laporan utama dan lampiran cukup untuk diberikan dan disimpan di pihak Sekolah atau Perpustakaan. Menyalin lebih bagi siswa, jika mereka ingin memiliki back up atau salinan mereka sendiri sebagai referensi di masa depan.


Ucapan Terima Kasih

Hal ini biasa untuk memasukkan pengakuan dari setiap orang yang telah melakukanperanan penting dalam proyek atau penyusunan laporan.


Mengetik

Harus diketik spasi ganda pada A4 dengan margin 1 ½ inci kiri dan margin kanan 1 inci.

Setiap bab atau bagian harus dimulai pada halaman baru dengan judul berhuruf cetak. Bagian bernomor dalam bab harus diketik dalam huruf kecil dan digarisbawahi atau disorot.


Kesesuaian isi

Laporan utama harus memiliki sub-tema yang terpisah, tetapi lampiran dapat dikelompokkan bersama-sama. Output komputer harus dipangkas menjadi ukuran A4. Pastikan setiap item memiliki judul.


Struktur Laporan

Halaman judul: Judul Proyek, penulis, nama guru pembimbing dan tahun ajaran (semua sesuai kapitalisasi dan berada di tengah).

Isi: judul utama dan sub-judul dengan nomor halaman yang sesuai. Semua lampiran harus tercantum di halaman ini.

Ringkasan: teks utama sebagai abstrak.

Ucapan Terima Kasih: Kebijaksanaan dari penulis.

Pendahuluan: Untuk membuat laporan dapat diimengerti oleh siapa pun (terutama pemeriksa) yang tidak memiliki pengetahuan sebelumnya dari proyek, maka latar belakang harus ditetapkan di sini.

Teks utama: Sebuah diskusi beralasan subjek, tujuan menyatakan, memberikan pertimbangan ke daerah-daerah masalah yang dihadapi, argumen untuk menentang solusi yang mungkin ada dan pertahanan dari solusi diadopsi.

Kesimpulan:

Sebuah diskusi tentang prestasi dewan proyek dibandingkan dengan tujuan aslinya. Ini harus berisi komentar pada pendekatan diadopsi untuk proyek dan dalam retrospeksi, bagaimana ini bisa telah diperbaiki.

Pengalaman belajar utama harus diuraikan dan bekerja juga harus dibahas. Ingat, Anda harus telah meningkatkan baik pengetahuan dan keterampilan selama proyek. Ini mungkin diharapkan bahwa dipersenjatai dengan ini Anda bisa meningkatkan proyek Anda jika Anda mulai lagi. Evaluasi dari proyek ini adalah sesuatu yang pemeriksa akan mencari.

Di mana pun Anda mengutip materi referensi dari Bibliografi dalam laporan ini harus jelas menunjukkan dan penulis yang diakui.

Kemudian pada bagian referensi dari daftar bibliografi bahan referensi dalam urutan abjad:

Sebagai contoh:

Kursus interaktif untuk Net Visual Basic.
John Socha, Dan Rahmel, Visual Basic .Net

Tata Letak Teks

Bagian dan ayat identifikasi akan mengikuti nomor bab. Bab diberi label 1, 2, 3, .... Dan dibagi menjadi beberapa bagian yang berlabel 1,1, 1,2, 1,3, ... dan seterusnya tanpa batas, menambahkan titik desimal untuk pembagian masing-masing.

Semua singkatan yang digunakan oleh penulis harus pada kejadian pertama mereka akan diberikan secara penuh dengan singkatan yang diberikan dalam tanda kurung.

Tabel dan diagram harus ditempatkan sedekat mungkin dengan teks yang sesuai dan harus dicap sebagai Tabel 1.1, Gambar 4.5, dll



Contoh Topik

Siswa dapat membuat database dan dapat melakukan pengolahan data yang terhubung ke database

Sebagai contoh:

  • Sistem Perpustakaan


    1. Bisa membuat database untuk memasukkan rincian dari semua buku
    2. Menampilkan semua detail buku
    3. Pencarian untuk satu buku tertentu
    4. Bisa membuat database yang menampilkan nama pelanggan, ID, tanggal meminjam, tanggal pengembalian, perhitungan dari setiap tunggakan, dll


  • Sistem Sewa Video


    1. Bisa membuat database untuk memasukkan rincian semua CD video
    2. Tampilan
    3. Memperbarui
    4. Pencarian


  • Sistem Pemantauan Pasien


    1. Bisa membuat database untuk memasukkan rincian pasien
    2. Memperbarui
    3. Perhitungan biaya medis, dll



3. PENILAIAN

Proyek ini akan dinilai dalam kategori berikut:

a) Produk berkualitas
b) kinerja pelajar selama proyek

Keterangan % Nilai


Percentage
Grade
Remarks


>75%

A
Outstanding good performance, showing insight, creative thinking or flair in excess of the normal expectations for good sound works.  Well organised, clear and accurate documentation.  Does not have to be perfect but flaws and omissions should be minor in relation to the quality of work taken as a whole.
65% to 75%

B
Very good performance, showing some insight, creative thinking or flair in excess of the normal expectations for a sound performance.  Close to a “A” performance but falling short in some significant respect.  When the work is considered as a whole some shortcomings cannot be overlooked.

Percentage
Grade
Remarks
55% to 65%

C
A sound performance.  Competent and appropriate response to the task.  Significant shortcomings and not serious enough to gravely weaken the whole work.

40% to 55%

D
A fair attempt.  Some acceptable elements achieved, but the work may lack organisation and lack coherence as a whole, or have other important weaknesses.

<40%
Fail
Need to repeat and/or complete the project.


berkas asli:
Student project.zip
isinya.....
ada, ACIT-VB.Net ProjectMarkingSchemeInstruction.doc
ada, ACIT-VBNet Project Guidelines.doc
dan, Student Project AY 2011-2012.docx


serta... SEMOGA
In this project, students can create:
  • a business/activities proposal (Grade X),
  • Program Application (Grade XI) and
  • Multimedia Application (Grade XII)

TERCAPAI, lulus

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Selamat anda telah membaca postingan blog KIR! SMANDA CIREBON
Silakan berkomentar