Sabtu, 06 Agustus 2011

Pertemuan ke-3 | Tiba saatnya QUIZ 1

PROLOG

Quiz?
Ya, quiz. Terkejut?! Betapa tidak, pastilah terkejut. Seperti yang tergambarkan dari praduga para calon anggota KIR, kelas X. Penyebabnya, tidaklah lain, tidaklah bukan, satu saja sudah terindikasi, yaitu: terguratnya pertanyaan dan kegamangan cukup BESAR!. Apa maksudnya?
Maksud dari hal itu, ialah munculnya tanya yang didahului dengan kebingungan sementara.

Ternyata ini.....
"Apa kah dengan quiz ini, bagi yang kalah, akan gak dimasukkan jadi anggota KIR?"
pertanyaan dari seorang siswa kelas X. Pertanyaan itu, cerminan pada sebagian besar pertanyaan dari mereka.
"Sebenarnya, enggak akan. Quiznya ini ada tujuan dan maksudnya sendiri. Tapi, bukan itu. Malah, tebal keyakinan ingin lihat sejauh mana pengetahuan dan kekompakkan kalian, kelas X; calon anggota KIR, atas materi yang sudah dikasih. Evaluasi Materi. Memang ada yang nantinya yang kalah. Otomatis juga, ada yang menang jadi juara satu. Yang menang, diberi kesimbolisan menangnya, pas acara kumpul selanjutnya. Semuanya itu, sudah ada hal teknisnya tersendiri."



Berikut Hal Teknis Quiz 1:


PANDUAN PELAKSANAAN QUIZ 1

  1. Tema: Pengenalan Dasar
  2. Tujuan: Mengukur kemampuan dan pemahaman siswa mengenai materi yang telah diberikan maupun pengetahuan umum pada tingkat dasar serta keterampilan siswa dalam berekspresi
  3. Standar Pencapaian: Meningkatnya kemampuan dan pemahaman siswa mengenai materi yang telah diberikan maupun pengetahuan umum pada tingkat dasar serta keterampilan siswa dalam berekspresi
  4. Waktu Pelaksanaan: Sabtu, 06 Agustus 2011 Pukul 12.30 s.d. selesai
  5. Tempat: Ruang Kelas X.4 SMA Negeri 2 Cirebon

PERSYARATAN PESERTA
Peserta adalah pelajar SMA Negeri 2 Cirebon yang bersatus masih sebagai calon anggota ekstrakurikuler Kelompok Ilmiah Remaja (KIR) SMA Negeri 2 Cirebon, terhitung pada saat dilaksanakannya Quiz 1 ini.

PERSYARATAN ADMINISTRATIF
Pembayaran biaya pendaftaran peserta, sudah terhitung dengan adanya pemasukan uang kas


PROSES PELAKSANAAN
Dibagi menjadi TIGA tahapan
  •  Tahap I (Penyisihan)
Pada Tahap ini, masing-masing peserta akan mendapatkan soal yang harus diselesaikan dalam batas waktu hingga 10 menit. Kuota 80% dari jumlah peserta dinyatakan lulus dan berhak mengikuti Tahap II, sedangkan 20%-nya sebaliknya namun tetap berhak mengikuti Tahap II dengan diikutsertakan menjadi pendukung (supporter) secara per-orangan maupun kelompok yang akan mendukung kelompok penjurusan pada Tahap III.
  • Tahap II (Penjurusan)
Dengan menggunakan sistem seperti Program Ranking 1 Trans TV, di mana masing-masing peserta akan memegang 1 papan dan harus menjawab pertanyaan tersebut pada papan sesuai dengan waktu yang telah ditetapkan. Tetapi sedikit berbeda, media tulis yang digunakan pada Quiz 1 ini adalah menggunakan buku dan menggunakan pensil untuk menulis jawaban.
Dari masing-masing peserta akan direduksi ke dalam penjurusan kelompok sebanyak 50% dari jumlah peserta dibagi dengan persebaran merata.

  • Tahap III (be Ambassador of Elementary Scientist/Penentuan Pemenang)
Pada Tahap ini akan ditentukan juara I, II, dan III dari Quiz I baik juara dari peserta yang menjadi supporter (baik supporter perorangan ataupun kelompok) maupun kelompok penjurusan. Setiap supporter mengekspresikan dukungannya kepada kelompok penjurusan disesuaikan dengan kreativitasnya sendiri dan ditampilkan di depan juri. Adapun setiap kelompok penjurusan diberi satu soal untuk dianalisis.


SEBAGIAN SOAL
  • Tahap Pertama
1. Tentukan konfigurasi elektron, periode dan golongan dari 35Br, 37Rb dan 38Sr!
2. Dalam kegiatan penelitian sejarah, heuristik berarti?
3. (4a^3)^2 : 2a^2 =
4. Nama dari Bapak Sosiologi Dunia?
5. ........is an electronic device that you can use to store and process information.
6. Apa yang mempengaruhi perubahan permintaan dan penawaran?
7. Apa yang anda ketahui dari Kelompok Ilmiah Remaja (KIR)? Jelaskan!
  • Tahap Kedua dan Ketiga, are archived
Bapak Sosiologi Dunia


AKHIRNYA
Puji syukur, acaranya lancar dan sukses terlaksana sudah.

Dihadiri, keanggotaan aktif KIR. Baik dari kelas X, XI, dan XII yang merupakan satu-kesatuan dalam keluarga KIR SMANDA secara nyata

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Selamat anda telah membaca postingan blog KIR! SMANDA CIREBON
Silakan berkomentar